Thursday, May 7, 2015

PANTAI BATU KALANG




Pantai Batu Kalang Tarusan di Kecamatan Koto XI Tarusan, berpotensi menjadi objek wisata andalan. Hal ini seperti dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda, Olahraga dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Selatan, Gunawan.
 
Keindahannya setara dengan pantai-pantai di Pulau Bali, bahkan bisa lebih apabila dikelola dengan baik dan sarana serta prasarananya memadai, katanya di Painan, Rabu (8/4).
 
Pantai Batu Kalang Tarusan bakal dikembangkan agar menjadi andalan wisata bahari Pesisir Selatan.
 
Saat ini Pantai Batu Kalang Tarusan sudah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun nasional meski pengelolaannya masih sangat sederhana oleh sebagian warga.
 
Ia mengatakan, setiap hari pengunjung rata-rata sebanyak dua ratus hingga 250 orang. Berbeda dengan hari-hari libur akhir pekan, ribuan orang, bahkan pada liburan Hari Raya Idul Fitri mencapai belasan ribu orang.
 
"Ribuan pengunjung yang memadati Objek Wisata Pantai Batu Kalang Tarusan setiap akhir pekan menjadi bukti bahwa objek wisata tersebut makin dikenal banyak orang, tidak saja warga lokal tetapi tingkat nasional, " katanya.
 
Karena ramainya kunjungan sehingga objek tersebut sudah menjadi tujuan wisata alternatif bagi para wisatawan ke kabupaten itu disamping Pantai Carocok Painan dan Kawasan Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan.
 
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan Martawijaya mengatakan, Pantai Batu Kalang Tarusan sangat indah.
 
Bila dikelola dengan baik serta ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai maka objek wisata tersebut dapat menjadi objek wisata alternatif selain Pantai Carocok Painan yang sudah terkenal dan membludak.
 
Akses transportasi ke daerah itu lancar melalui jalur darat dan dekat dari jalan nasional lintas barat Sumatera. Maka itu selain keindahannya, Pantai Batu Kalang Tarusan sangat mudah dijangkau dengan menaiki moda transportasi darat.
 

Dengan menggunakan sepada motor, ataupun kendaraan roda empat, jarak pantai tersebut dari Kota Padang sekitar 56 kilometer atau seitar satu jam dari Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM). Pantai itu berada di sisi kawasan Wisata Mandeh.


sumber dari harianterbit.com

No comments:

Post a Comment