Sunday, May 3, 2015

objek wisata KAMPUNG BALI DI GARUT

Wah! Ada Kampung Bali di Garut



Bagi Anda yang memang belum pernah mengunjungi Bali atau ingin bernostalgia melihat bagaimana kondisi perkampungan di Pulau Dewata, maka datanglah ke Kampung Bali yang berada di Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Garut, Jawa Barat.
Wahana wisata tersebut didirikan oleh KRAT. Ki. H. Derajat Hadiningrat karena kecintaannya terhadap budaya nusantara.
Kampung Bali tersebut sebenarnya diberi nama Pasulukan Loka Gandasasmita. Hanya, karena suasana kampung mirip dengan perkampungan di Bali, maka wahana wisata tersebut disebut Kampung Bali.
"Mungkin karena bentuk bangunan sangat mirip dengan bangunan di Bali, maka tempat ini disebut Kampung Bali," ujar salah seorang pengelola Wisata Budaya Pasulukan Loka Gandasasmita, Dodi (40), Sabtu, 28 Maret 2015 kepada wartawan.
Dodi menjelaskan, berkunjung ke wahana keraton dan wisata budaya Pasulukan Loka Gandasasmita akan menambah wawasan, terutama berkaitan dengan sejarah.
Pasalnya, di Kampung Bali terdapat beberapa bangunan, seperti Keraton Pendhapi Kyai Ageng Adhiyaksa, Pendhapi Kaputren, Pendhapi Kyai Ageng Kismantoro, Pendhapi Kyai Agung Kanjeng Kyai Widoro Kandang, Pendhapi Sang Prabu Kencana Wulung, Pendhapi Kepatihan, dan Graha Liman Kencana.
"Di sini terdapat bangunan kraton yang bisa dikunjungi," ujarnya.
Selain itu, terdapat gedung yang berisi koleksi ribuan keris dan benda pusaka lainnya seperti Keris Ken Dedes, Kujang Prabu Siliwangi, dan senjata yang digenggam Patih Gadjah Mada saat mengucapkan Sumpah Palapa.
Di Kampug Bali juga terdapat beberapa senjata pusaka milik Kerajaan Malaysia dan ribuan senjata lainnya, serta Al Qur’an yang dibuat oleh tulisan tangan Sunan Gunung Djati.
"Bangunan-bangunan yang ada di kampung ini dikirim langsung dari Keraton Surakarta," katanya menerangkan.
Selain bangunan dan benda bersejarah, juga terdapat sarana bermain anak, tempat program edukasi, dan wisata cagar alam tambulapot (tanaman bunga dalam pot). Suasana perkampungan begitu terasa, udaranya sejuk dan penduduk sekitar yang penuh kehangatan.
"Harga tiket masuk di sini sangat terjangkau, jadi tidak usah jauh-jauh pergi ke Bali, ke sini saja di Kampung Bali."

sumber dari viva.co.id

No comments:

Post a Comment