Monday, August 19, 2013

Para Wisatawan Yang Berkunjung Ke Kota Bandung Mencai 1,6 Juta

Kunjungan wisatawan ke Kota Bandung selama libur Lebaran ini mencapai 1,6 juta orang atau naik 5-7 persen dibanding tahun sebelumnya. Para wisatawan ini kebanyakan mengunjungi wisatawan minat khusus seperti wisata heritage, kebun binatang, taman lalu lintas, factory outlet, dan wisatawan buatan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bandung, Herry M. Djauhari, usai halalbihalal tingkat Kota Bandung di Plaza Balai Kota, Jln. Wastukancana, Sabtu (17/8). Kunjungan wisatawan tahun lalu dari H-7 hingga H+7 mencapai 1,5 juta dan tahun ini 1,6 juta.

"Wisatawan yang datang berasal dari seputaran Bandung Raya, Jawa Timur, dan Sumatra. Mereka berwisata ke Bandung memanfaatkan suasana mudik dan libur sekolah," ujarnya.

Sementara untuk wistawan asing, kata Herry, memang tidak terlalu signifikan. Saat ini kunjugan wisatawan asing mencapai 500 orang. "Ini dikarenakan pada Juli dan Agustus, di negara mereka sedang libur dan itu dimanfaatkan oleh para wistawan asing ini," tuturnya. 

Wisatawan asing sendiri datang dari Eropa, Malaysia, dan Singapura. Selain negara tersebut, sekarang terdapat potensi wisatawan dari Beijing dan Vietnam. Potensi ini dilihat dari pembukaan maskapai dari Beijing dan Vietnam ke Bali, serta penerbangan dari Bali ke Bandung. "Kita kerja sama juga dengan operator di sana, sehingga wisatawan yang datang ke Bali bisa ke Bandung," ujarnya.

Untuk lokasi wisata yang bayak dikunjungi, di antaranya pusat perbelanjaan dan factory outlet, kawasan heritage, taman lalu lintas, kebun binatang, dan wisata alam, seperti Dago Pojok dan daerah Ujungberung. "Ada juga wisata buatan seperti Trans Studio Bandung, banyak wisatawan yang datang kesana," katanya.

Sementara untuk kampung kreatif, saat ini memang sudah banyak dikunjungi. Hanya saja jumlahnya belum begitu signifikan. "Kita sudah kerjasama dengan Asita agar kampung-kampung kreatif ini jadi tujuan wistawan juga," terangnya.

No comments:

Post a Comment